Memilah Gelas & Botol Plastik

Komposter Skala Rumahan

Blog

Home  /  Kabar Berita   /  Launching Nyampah 17/8/2017

Launching Nyampah 17/8/2017

Cerita Kami

Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 72, telah dilakukan peluncuran aplikasi NYAMPAH di Digital Lounge Balikpapan, Kamis 17 Agustus 2017.

Aplikasi NYAMPAH adalah sebuah aplikasi mobile yang digagas oleh beberapa orang muda Balikpapan sebagai salah satu upaya untuk semakin memperbaiki pengelolaan sampah. Dengan mengusung tagline: Pilah Sampah dari Rumah dan Buang Sampah Jadi Mudah, aplikasi ini menghubungkan antara pemilik sampah, pengantar sampah dan bank sampah.

Disampaikan oleh founder NYAMPAH, Nugroho, aplikasi NYAMPAH bertujuan untuk mengajak semakin banyak pihak berpartisipasi dalam rantai pengelolaan sampah. “Dengan adanya NYAMPAH, kami mengajak pemilik sampah untuk memilah sampahnya”, ungkap Nugroho. “Tak cuma itu, NYAMPAH juga mempermudah warga untuk berpartisipasi mengantarkan sampah anorganik yang sudah dipisahkan, ke bank sampah terdekat”. “Warga yang berpartisipasi pun akan mendapatkan reward sesuai dengan jumlah sampah yang disetorkannya”, tuturnya.

Saat ini NYAMPAH telah bekerja sama dengan ECCO Walibar, sebuah organisasi yang menaungi dan membina 106 bank sampah yang ada di Balikpapan. NYAMPAH juga sudah menjalin kerja sama dengan Jelantah4Change, sebuah gerakan sosial yang digagas untuk memanfaatkan minyak jelantah secara tepat dan bertanggungjawab.

Acara peluncuran aplikasi NYAMPAH ini dihadiri oleh perwakilan dari ECCO Walibar dan Ketua yayasannya Ibu Sri Ismudiati, beberapa pengurus bank sampah di Balikpapan, aktifis Jelantah4Change dan difasilitasi oleh Digital Lounge Balikpapan.

“Balikpapan akan menjadi pilot untuk NYAMPAH, sebelum kemudian diperluas ke daerah-daerah lain di Indonesia”. “Kami berharap, aplikasi ini bisa diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh segenap warga Balikpapan” tambah Indra Soeharto, Co-Founder Nyampah.